Selasa, 04 Januari 2011

PELANTIKAN SHAKA BAYANGKARA DI POLSEK RAJAGALUH

Majalengka GM
Pelantikan DIKCAPRASA ( Pendidikan calon Pramuka saka bhayangkara ) kali ini di selenggarakan oleh Polsek Kecamatan Rajagaluh yang di ikuti sekitar ( 97 ) peserta terdiri dari Putra ( 60 ) Putri ( 37 ) dari tingkat Penggelang hingga Penegak, atau dari Sekolah SMP / MTS dan SMA / MAN maupun Sedrajat yang lainnya, Kegiatan ini merupakan Kegiatan Tahunan yang di laksanakan oleh Saka Bhayangkara Polsek Rajagaluh dalam menjalankan Program kerjanya, Pelantikan sekaligus Pengukuhan Praja Muda Karana ( PRAMUKA ) Saka-Bhayangkara di gelar sejak Hari Sabtu ( 13/11 ) dan berakhir Minggu ( 14/11 ), di sekitar halaman Polsek Rajagaluh, dan langsung di dampingi oleh Karohendi sebagai Instruktur Pramuka Saka-Bhayangkara di Polsek Kecamatan Rajagaluh, karohendi mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, Siswa Siswi dapat berprilaku yang baik di tengah Masyarakat, harapnya.
Briptu Ohi Sudrajat sebagai ( Bin Rendawan ) menuturkan Kepada GM, bahwa,
Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional.
Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan di dalam Gerakan Pramuka.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugusdepan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya. Masih lanjut Sudrajat
di selenggarakannya Pelantikan sekaligus Pengukuhan Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Rajagaluh yakni, bertujuan mendisiplinkan Siswa dalam menjalankan Trisatya dan Dasa Darma, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan Sehari Hari baik di lingkungan Sekolah maupun dalam Bermayrakat, tegasnya. Sudrajat mengharapkan supaya
Hasil yang diharapkan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah agar para aanggota Gerakan Pramuka : Memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, dan keterampilan serta pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan. Memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Memiliki sikap, kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya setiap kejadian kamtibmas. Memiliki kepekaan dan kewaspadaan serta daya tanggap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan dan dinamika social di lingkungannya.
Mau memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepannya.
Mampu menyelenggarakan pengamanan lingkungan serta secara swakarsa, swadaya dan swasembada, serta secara nyata yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat lingkungannya. Mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi di lingkungannya untuk kemudian segera menyerahkan kepada Polri.
Mampu membantu Polri dalam pengamanan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi. Imbun Sudrajat kepada GM saat mengikuti pelantikan sakaligus pengukuhan Saka-Bahayangkara di Mapolsek Rajagaluh….( Jaja S )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar